Untuk hasil terbaik gunakan browser Mozilla Firefox 2.0.0 ke atas atau Internet Explorer 6 ke atas Resolusi layar 1024 X 768 pixels
 
 
balitsa balitbu balithi balitjestro
 
 
# SMS CENTER BENIH SUMBER DAN PLASNANUTFAH HORTIKULTURA (081299105742) # Segenap Karyawan dan Karyawati mengucapkan Selamat Hari Raya IDUL FITRI 1435H, Mohon Maaf Lahir dan Batin #
     
     
 
Beranda > Selengkapnya

   
Panen Krisan di Kulon Progo, DIY
Sumber: Puslitbang Hortikultura, Tgl Posting: 27-10-2011

BPTP Yogyakarta melaksanakan program MP3MI (Model Pembangunan Pertanian Perdesaan Melalui Inovasi) dengan memperkenalkan dan menanam krisan di Kulon progo.Semua varietas krisan (Puspita nusantara, Puspita Pelangi, Mustika kaniya, Sakutala, Raspati, pasopati, Wastu Kaniya, Kusuma Patria, swarna Kencana, Tiara Salila) yang ditanam adalah produk Badan Litbang Pertanian, Puslitbang Hortikultura, Balithi. Var Krisan ditanam pada ketinggian 370 m (d.p.l.) yang tergolong dataran rendah. Pada ketinggian tersebut semua varietas dapat tumbuh dengan baik dan kualitas bunga yang dihasilkan juga baik.



Umur panen berbeda untuk beberapa varietas, semua varietas krisan yang ditanam berbunga lebih cepat sekitar 1 minggu dibandingkan dengan umur berbunga yang tertera di deskripsi varietas krisan Balithi. hal ini disebabkan oleh ketinggian tempat yang rendah dan suhu harian yang relatif lebih panas.

Panen krisan dihadiri oleh wakil Bupati Kulon Progo, Kadis Kabupaten dan provinsi (yang mewakili), Bapeda Kulon Progo, Peneliti BPTP Yogyakarta dan petani. Pada saat panen semua krisan sdh dipesan oleh pedagang dengan harga Rp 10.000/ikat di lokasi. Hal ini mengindikasikan bahwa semua varietas Balithi disukai oleh pasar di DIY.

Tanaman krisan dari semua varietas yang ditanam tidak menunjukkan adanya serangan penyakit karat. Serangan mites (kutu) nampak pada varietas Puspita Nusantara saja. Timbulnya serangan hama mites diduga karena suhu udara yang panas pada siang hari.

Wakil bupati, pejabat Pemkab serta pejabat desa, termasuk kelompok tani sangat menyukai semua varieats krisan yang ditanam. Balithi berkomitment untuk memberikan benih krisan sebanyak kurang lebih 10.000 kepada petani yang telah mengembangkan varietas unggul krisan.
 PDF

 
     
 
 Cari :  
 

     
 
INFORMASI LAIN










 
     

     
 
KONTAK ONLINE
Dewan Redaksi:
PuslitHorti

Via Yahoo Messenger Web:

 
     
Untitled Document

 




Kecuali dinyatakan lain, pemilik content, gambar dan desain adalah Badan Litbang Pertanian Cq. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, bagi yang ingin menyebarkan/menggunakan materi yang ada di situs web ini, dipersilahkan dengan mencantumkan alamat situs web ini sebagai sumbernya.


Tentang Kami | Peta Situs | Kontak Kami | © 2009 Web Admin Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura
Jl. Raya Ragunan 29A Pasar Minggu - Jakarta Selatan 12540, Indonesia   Telp: +62 (21) 7805768, 7892205   Fax: +62 (21) 7805135, 7892205
Email: puslitbanghorti@litbang.deptan.go.id, pushorti@yahoo.com